TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH/PENDIDIKAN DASAR
(Sesuai
Permendikbud No.20 Tahun 2016)
Setiap
Lulusan Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar memiliki
kompetensi pada tiga dimensi
yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan, berikut penjelasannya :
DIMENSI
|
URAIAN KOMPETENSI
|
|
SIKAP
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap :
|
|
1.
|
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan
YME;
|
|
2.
|
Berkarakter, jujur, dan peduli;
|
|
3.
|
Bertanggungjawab;
|
|
4.
|
Pembelajar sejati sepanjang hayat,
dan;
|
|
5.
|
Sehat jasmani dan rohani;
|
|
sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
dan negara.
|
||
PENGETAHUAN
|
Memiliki pengetahuan Dasar tentang
suatu ilmu pengetahuan (factual), mengetahui Terminologi/Istilah
(konseptual), cara melakukan sesuatu (procedural),
dan mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakannya (metakognitif)
pada tingkat dasar berkenaan dengan :
|
|
1.
|
Ilmu Pengetahuan;
|
|
2.
|
Tekhnologi;
|
|
3.
|
Seni, dan;
|
|
4.
|
Budaya
|
|
serta mampu mengaitkan pengetahuan
di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.
|
||
KETERAMPILAN
|
Memiliki keterampilan berpikir dan
bertindak secara :
|
|
1.
|
Kraetif;
|
|
2.
|
Produktif;
|
|
3.
|
Kritis;
|
|
4.
|
Mandiri;
|
|
5.
|
Kolaboratif, dan;
|
|
6.
|
Komunikatif
|
|
melalui pendekatan ilmiah sesuai
dengan tahap perkembangan anak yang relevan dengan tugas yang diberikan.
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah, Guru
Kelas …..
(………………………………………) (………………………………………)
NIP. NIP.
KOMPETENSI INTI (KI)
TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH/PENDIDIKAN DASAR
(Sesuai
Permendikbud No.21 Tahun 2016)
Tingkat
Kompetensi merupakan kriteria
capaian Kompetensi yang
bersifat generik yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada setiap
jenjang pendidikan dalam rangka pencapaian Standar Kompetensi Lulusan.
Uraian
Kompetensi Inti untuk Madrasah Ibtidaiyah dari kelas 1 sampai kelas 6 disajikan
dalam tabel berikut :
KOMPETENSI INTI
|
DESKRIPSI KOMPETENSI
|
|
Sikap Spritual
|
1.
|
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
Sikap Sosial
|
2.
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya
diri, peduli dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
|
Pengetahuan
|
3.
|
Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
|
Keterampilan
|
4.
|
Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif dan komunikatif dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap
perkembangannya.
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah, Guru
Kelas …..
(………………………………………) (………………………………………)
+ komentar + 2 komentar
kenapa tidak ada dalam bentuk wordnya
mau link downloadny dong...
Posting Komentar